Keutamaan dan Waktu Sholat Witir

Shalat Witir adalah shalat sunat muakkad yang dianjurkan serta disemangatkan benar-benar oleh Rasulullah saw. Dari Ali ra, katanya: “Sebenarnya Witir itu bukan fardlu sebagaimana shalat-shalat lima waktu yang diwajibkan. Hanya saja Rasulullah saw setelah berwitir, pernah bersabda: ‘Wahai ahlul Quran, kerjakanlah shalat Witir sebab Allah itu Witir (Maha Esa) dan suka sekali kepada Witir.” (HR. Ahmad dan Ash-habus Sunan dan oleh Turmudzi dianggap sebagi hadits hasan, sedangkan oleh Hakim yang meriwayatkannya juga, menganggapnya sebagai hadits shahih).

Adapun pendapat Imam Abu Hanifah bahwa shalat Witir itu wajib, maka itu adalah pendapat yang lemah. Ibnu Mudzir berkata: ” Tidak pernah saya mengetahui seorangpun yang menyetujui pendapat Abu Hanifah dalam hal ini.”

Para ulama sudah sepakat bahwa waktunya shalat sunat Witir itu sesudah shalat Isya dan terus berlang sung sampai fajar. Diriwayatkan dari Abu Tamim al-Jaisyani ra bahwa Amr bin al-`Ash pernah berkhutbah di hadapan orang banyak dan berkata: “Abu Bashrah memberitahukan kepada ku bahwa Nabi saw bersabda: ‘Sesungguhnya Allah memberikan tambahan padamu suatu shalat, yaitu Witir. Maka kerjakanlah shalat itu antara shalat Isya hingga shalat Fajar.’ Kemudian Abu Tamim berkata: ‘Kemudian Abu Dzar membimbing tanganku dan mengajak masuk ke dalam mesjid menuju ke tempat Abu Bashrah ra, lalu bertanya: ‘Benarkah engkau pernah mendengar Rasulullah besabda sebagaimana yang dikatan oleh `Amr itu?’ Abu Bashrah menjawab: ‘Ya, aku sendiri mendengar demikian itu dari Rasulullah saw’.” (Diriwayatkan oleh Ahmad dengan Isnad yang sah)

Dari Abu Mas`ud Al-Anshari ra katanya: “Rasulullah saw itu bersembahyang Witir pada awal malam, kadang-kadang pula pada panghabisan malam itu.” (Diriwayatkan oleh Ahmad dengan sanad yang sah)

Dari Abdullah bin Abu Qais, katanya: “Saya bertanya kepada `Aisyah ra tentang Witir Rasulullah saw. Beliau menjawab: ‘Adakalanya beliau itu berwitir pada permulaan malam, tetapi adakalanya pula pada penghabisan malam’. Saya bertanya pula, apakan bacaan beliau itu dengan suara perlahan-lahan atau keras? `Aisyah ra menjawab: ‘Kedua cara itu pernah dilakukannya, adakalanya dengan perlahan-lahan dan adakalanya dengan keras. . . .” (Diriwayatkan oleh Abu daud, juga oleh Ahmad, Muslim, dan Turmudzi).

Disunatkan menyegerakan shalat Witir pada permulaan malam bagi seseorang yang takut kalau-kalau dia tidak akan bangun pada akhir malam. Akan tetapi, bagi seseorang yang merasa sanggup dapat bangun pada akhir malam, maka disunatkan mengerjakan Witir itu pada akhir malam.

Dari Jabir ra bahwasannya Nabi saw bersabda: “Barang siapa yang merasa tidak akan sanggup bangun pada akhir malam, baiklah ia berwitir pada permulaan malam, tetapi barang siapa yang merasa sanggup bangun pada akhir malam, baiklah berwitir pada akahir malam itu, sebab shlat pada akhir malam itu diahadiri (disaksikan oleh Malaikat) dan itulah yang lebih utama”. (Diriwayatkan oleh Ahmad, Musli, Turmudzi, dan Ibnu Majah)

Dari Jabir ra pula bahwa Rasulullah saw bersabda kepada Abu Bakar: “Bilakah engkau berwitir? Abu Bakar menjawab: ‘Pada permulaan malam sesudah shalat Isya’. Beliau saw lalu bersabda kepada Umar: ‘Engkau Umar, bilakah berwitir?’ Umar menjawab: ‘Pada akhir malam’. Kemudian Rasulullah saw bersabda: ‘Engkau ini wahai Abu Bakar suka berlaku hati-hati, sedangkan engkau wahai Umar menunjukkan keteguhanmu’.” (Diwirayatkan oleh Ahmad, Abu Daud, Hakim dan katanya hadits ini sah menurut Syart Muslim)

Rasulullah saw sendiri akhirnya melakukan shalat Witir itu pada waktu sahar (hampir masuk waktu Shubuh) karena memang itulah yang lebih utama. `Aisyah ra berkata: “Dari semua waktu malam itu, Nabi saw pernah berwitir pada permulaannya, pernah juga pada pertengahannya ataupun pada penghabisannya, hingga akhirnya dilakukannya pada waktu sahar.” (Diriwayatkan oleh Jama`ah)

About these ads

12 responses to this post.

  1. Posted by indra on July 22, 2009 at 2:18 am

    keutamaan shalat witir apa2 saja ya,,,,,,,,,……

  2. Posted by Mirwan on December 10, 2009 at 9:22 pm

    Kami mahasiswa mesir menyukai situs2 yg seperti ini.

  3. semoga setelah membaca shlat witr ini… saya dan anda semuanya diberikan hidayah oleh allah.

  4. Posted by lukman on October 10, 2010 at 12:11 pm

    maha besar engkau ya Alloh atas kekuasaan mu yang ada di langit dan di bumi,engkau telah melimpahkan rahmat dan nikmat kepada kami hambu mu,dengan mengerjakan shalat witir dan shalat-shalat sunat lain nya,
    terima kasih atas..janganlah bosan mengajak kaum muslimin dalam kebaikan.
    semoga Alloh selalu merahmati kita..amin..

  5. Posted by alexi on October 10, 2010 at 2:54 pm

    saya suka sekali, mudah-mudahan setelah mambaca ini insyaallah saya akan melaksanakannya, amiiiinnnnnnnnn,,,,,,,

  6. Posted by sovie on February 13, 2011 at 3:00 pm

    y allah,,semoga engkau mendengar doa hamba,,,
    amin y allah,,,,
    trmkasih bny infonya,,,,

  7. Posted by evayanti on May 27, 2011 at 6:13 am

    makasih atas infox,.semoga semua dalam ridhox,.amien,..
    semoga kita bisa menjalankan apa yg sudah kita ketahui,.
    assalamualaikum all,…

  8. Posted by Moho on June 10, 2011 at 5:29 am

    selalulah berkarya untuk menulis yang bermanfaat seperti ini semoga amalan2 diterima oleh Alloh SWT.

  9. Good luck!!!:)

  10. Mudah mudahan brmanfaat bagi kita semua

  11. Posted by zulaeha inges on May 13, 2012 at 9:53 am

    alhamdulillah dpt bc tlisan yg brmanfaat ini,syukron
    smoga yg lain jg dpt baca!

  12. Posted by elkahfi on July 3, 2014 at 1:45 pm

    alhamdulillah, mander bermanfaat dan baarokah, amiin:-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

%d bloggers like this: