Pernyataan Sikap Keluarga Aktivis Masjid (Karim) Salman ITB

Assalamualaikum Wr Wb..

Buat ikhwah sekalian yang merasakan beberapa keganjilan di Salman, berikut wujud perhatian kami terkait keganjilan tersebut. Semoga ini dapat menjadi pelajaran yang berharga buat kita semua.

Pernyataan Sikap Keluarga Aktivis Masjid (Karim) Salman ITB


Berkaitan dengan Kehadiran Majelis Dzikir SBY dalam Acara Doa Bersama 14 Mei 2009

Yth. Ketua YPM Salman ITB Bandung,

22 Mei 2009
di Salman

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada hari Kamis tanggal 14 Mei 2009 Kalam Salman menyelenggarakan acara doa bersama di GSG Salman. Hadir dalam acara tersebut para jamaah dari Majelis Dzikir SBY. Esok harinya (15 Mei 2009) di harian Pikiran Rakyat muncul berita mengenai acara tersebut.

Berita tersebut menyatakan secara jelas bahwa acara tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap SBY. Tidak lama kemudian muncul keresahan di kalangan rekan-rekan aktivis. Sebagian rekan mengungkapkan keresahannya dalam acara usrah aktivis pada hari Sabtu tanggal 16 Mei 2009.

Karenanya, Abdur Rohman, Ketua Dewan Syuro Karim Salman, pada hari Sabtu pagi melalui sms memohon kepada Mas Ahmad selaku Ketua YPM Salman untuk bisa bertemu dengan beliau untuk mendapatkan penjelasan resmi dari YPM Salman mengenai masalah ini. Sms tersebut juga diteruskan Abdur kepada Mas Agung selaku Ketua Lembaga Kaderisasi Salman. Namun, hingga hari ini permohonan itu belum dikabulkan. Penjelasan resmi dari YPM Salman belum ada.


Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini kami Dewan Syuro Karim Salman dan Badan Pengurus Karim Salman menyatakan hal-hal berikut.

1. Kami menyatakan keberatan dengan keikutsertaan Majelis Dzikir SBY dalam acara doa bersama tersebut. Sebab, kami menilai kejadian itu (hadirnya Majelis Dzikir SBY) telah membentuk citra negatif untuk Salman, yaitu bahwa acara doa bersama tersebut merupakan bentuk dukungan Salman kepada SBY dalam Pemilu Presiden RI 2009.


2. Kami menyayangkan sikap Ketua Pengurus YPM Salman yang tidak segera memberikan penjelasan kepada kami perihal kejadian itu padahal kami sudah meminta penjelasan tersebut untuk mencegah berkembangnya prasangka di kalangan aktivis Salman.


3. Kami memohon agar Ketua Badan Pengurus YPM Salman ITB berkenan untuk segera memberikan penjelasan kepada kami perihal kejadian tersebut (mengapa dan bagaimana kejadian tersebut bisa terjadi dan bagaimana langkah kita selanjutnya) .


4. Kami berasumsi bahwa kejadian tersebut bisa sampai terjadi karena telah ada miskomunikasi antara YPM Salman dengan Kalam Salman. Oleh karenanya, bila asumsi ini benar, kami menyarankan agar komunikasi antara Pengurus dengan Alumni Salman dapat berjalan dengan lebih baik di masa depan.


5. Kami menyarankan agar peran, hak, dan kewajiban Kalam Salman diperjelas.


6. Kami menyarankan agar Pengurus YPM Salman memberikan pernyataan sikap melalui media massa yang menyatakan bahwa YPM Salman netral dalam pemilu presiden RI 2009.


Demikian pernyataan ini kami buat agar sikap kami dapat dipahami dan diluruskan apabila kurang tepat. Atas segala khilaf kami mohon maaf. Semoga Allah swt menjaga ikatan hati kita dan membimbing Keluarga Besar YPM Salman ITB dalam setiap langkah.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ketua Dewan Syuro Karim Salman, Ketua Badan Pengurus Karim Salman,

Abdur Rohman Ahmad Syihan

Tembusan :
Ketua Lembaga Kaderisasi Salman ITB

Wallahu a’lam bi sawab

2 responses to this post.

  1. Tidak seharusnya tempat ibadah dijadikan sebagai ajang politik. Salman harus tegas…!!!

  2. Salman Netral, ITB Netral

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: