Tau ga darimana asalnya kalimat “Habis Gelap Terbitlah Terang”?

Kartini menemukan dalam surat Al-Baqarah ayat 257 bahwa Allah-lah yang telah membimbing orang-orang beriman dari gelap kepada cahaya (Minazh-Zhulumaati ilan Nuur).

Rupanya, Kartini terkesan dengan kata-kata “Minazh-Zhulumaati ilan Nuur” yang berarti dari gelap kepada cahaya. Karena Kartini merasakan sendiri proses perubahan dirinya, dari pemikiran tak-berketentuan kepada pemikiran hidayah.

Dalam banyak suratnya sebelum wafat, Kartini banyak sekali mengulang-ulang kalimat “Dari Gelap Kepada Cahaya” ini. Karena Kartini selalu menulis suratnya dalam bahasa Belanda, maka kata-kata ini dia terjemahkan dengan “Door Duisternis Tot Licht”.

Karena seringnya kata-kata tersebut muncul dalam surat-surat Kartini, maka Mr. Abendanon yang mengumpulkan surat-surat Kartini menjadikan kata-kata tersebut sebagai judul dari kumpulan surat Kartini. Tentu saja ia tidak menyadari bahwa kata-kata tersebut sebenarnya dipetik dari Al-Quran.

Kemudian untuk masa-masa selanjutnya setelah Kartini meninggal, kata-kata Door Duisternis Tot Licht telah kehilangan maknanya, karena diterjemahkan oleh Armijn Pane dengan istilah…

“Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Memang lebih puitis, tapi justru tidak persis.

One response to this post.

  1. Terlepas dari jasa-jasa yang telah beliau sumbangkan, ada sedikit fenomena lain mengenai sosok RA Kartini. Artikel dalam link berikut ini mungkin bisa sedikit menambah wawasan kita tentang sosok “tokoh emansipasi” negeri ini.
    http://www.voa-islam.net/islamia/liberalism/2010/04/20/5268/ra-kartini-dan-pengaruh-pemikiran-yahuditheosofi-dan-pluralisme/
    Sy sendiri tidak tahu keabsahan artikel tsb, tp secara rasional bisa diterima. Buku “Api Sejarah” juga menyiratkan hal seperti itu. CMIIW🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: