QL yuk!

Bismillahirrahmanirrahim,,

Dan di sebagian malam hari, shalat tahajjudlah engkau sebagai ibadah tambahan bagimu, semoga Allah mengangkatmu ke tempat terpuji. (Al-Isra’ : 79)

Itulah sepenggal ayat Al-Qur’an yang menganjurkan kita untuk melaksanakan shalat tahajjud. Shalat yang cukup sulit untuk kita kerjakan. Alasan klasiknya bukan karena ia shalat sunnat, tapi karena gak ada waktu atau sekedar ke-cape-an.

Percaya atau tidak, kita sudah ketinggalan info loh tentang shalat malam ini! Pasalnya, syetan -sang musuh nyata- UDAH TAHU kalo qiyamul lail alias shalat malam itu adalah saat ikhlas, saat DOA DIKABULKAN, dan saat Allah menampakkan diri kepada hamba-hambaNya! Maka dari itu syetan  -sang musuh nyata- berjuang mati-matian agar kita tidak terbangun untuk mendirikan shalat malam! Nah, agar usahanya maksimal, dalam hadist Al-Bukhari, Muslim, dan An-Nasai dikatakan menjelang sepertiga malam, syetan kencing di telinga kita yang bisa membuat kita tidur BABLAS. Serem banget kan?

“Tapi ana punya banyak tugas nih! Laporan, Jurnal, Tugas Pendahuluan, Osjur, Tugas Akhir, dll.  Gak bakal sempet tau, pasti nundutan (ngantuk)!”

Justru itu! karena kita punya seabrek tugas, saatnya kita bermunajat kepada Allah. Meminta untuk dimudahkan dan dilancarkan. Kalo kata Hasan Al-Banna rahimahullah :

Detik-detik malam itu mahal. Karena itu, kalian jangan MEMURAHKANNYA dengan KELALAIAN

(Kelalaian disini maksudnya adalah lalainya kita dalam melaksanakan ibadah kepada Allah)

Memang tidak akan mudah untuk melaksanakannya, tapi perlu diingat. Kita memiliki Allah, Sang Maha Segalanya. Saat kita terseok-seok, terluka atau berdarah sekali pun dalam usaha mendekatkan diri padaNya, saat itu pula Allah akan menerangi jalan kita. InsyaAllah,,

 

Inget liriknya Letto?

Luangkanlah sejenak, detik dalam hidupmu. Dan lihatlah warna kemesraan dan cinta,,^^

Ya! kita hanya perlu meluangkan waktu sejenak saja, sepertiga malam, untuk mendapatkan sentuhan cintaNya dan rasa syukur atas nikmatNya. Karena qiyamullalil adalah charger yang paling efektif untuk melepas keletihan dan kepenatan diri setelah beraktivitas.

Tau  janji Allah bagi orang yang menghidupkan sepertiga malam??

“Pada setiap malam, Allah tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia. Ketika malam tersisa sepertiga terakhir, Allah berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepadaKu, lalu Aku kabulkan doanya. Siapa yang minta kepadaKu, lalu Aku berikan permintaannya. Siapa yang minta ampunan kepadaKu, lalu Aku ampuni ia.” (HR. Muslim)

Menarik bukan?? Itulah janji Allah yang pasti ditepati. Pengabulan do’a dan  Pengampunan dosa. InsyaAllah.

Dengan penuh keikhlasan,  yuk bareng-bareng  kita hidupkan penghujung malam kita dengan shalat malam, sebagai bukti cinta kita pada Sang Maha Cinta juga sebagai rasa syukur atas Rahman RahimNya. Tak perlu berlebihan. Yang penting khusyuk dan istiqamah!

Selamat memasuki  Universitas Malam dan rasakan limpahan cintaNya!🙂

wallahu a’lam.

sumber : Bassamathiyah,MA. 2009. Nikmatnya Qiyamul Lail. Jakarta Timur : An-Nadwah

4 responses to this post.

  1. ih, kok malah nyambung ke letto.
    btw, lagu letto yang “sebelum cahaya”, bagi saya cerita tentang QL lho. hehe =j

  2. sungguh indah kata-katanya,..

    ngomong-ngong QL itu apa yach…???

  3. Posted by Admin on October 19, 2011 at 1:08 am

    ^^ iya ya?

    @nuraeni: QL = Qiyamul Lail = Sholat Malam

  4. Posted by luken on May 30, 2012 at 6:14 am

    senang rasanya melihat anak-anak muda muslim seperti adik-adik ini masih punya perhatian pada Sholat Malam… lanjutkan dan Istiqomah ya… Allah cinta kepada hambanya yang datang dengan ikhlas menemui Nya di waktu sepertiga malam tapi Allah lebih cinta lagi jika yang menemui Nya adalah anak muda seperti adik-adik ini.

    Wallahua’lam bishawaab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: