Urgensi Belajar Al Qur’an

Mempelajari Al Qur’an adalah kewajiban yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada setiap muslim dan muslimah. Selain sebagai kebutuhan, Al Qur’an adalah kitab hidayah yang menunjukkan jalan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Membaca Al Qur’an bagi seorang muslim merupakan bagian yang tidak mungkin terpisahkan dari kehidupannya, tiada hari tanpa membaca Al Qur’an. Dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Ankabuut: 45)

Dari firman Allah tersebut terlihat dengan jelas bahwa perintah membaca Al Qur’an itu WAJIB hukumnya, seiring dengan mempelajari cara membacanya pun adalah suatu kewajiban. Karena tanpa kita mempelajari cara membacanya bagaimana kita dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan benar?

Ilmu yang mempelajari tentang cara membaca Al Qur’an dengan baik dan benar adalah Ilmu Tajwid/Tahsin. Hukum untuk mempelajari ilmu tersebut adalah fardhu kifayah, artinya jika telah ada sebagian umat muslim yang telah mempelajarinya, maka gugur kewajiban bagi muslim yang lain. Akan tetapi, saat membaca Al Qur’an wajib bagi setiap muslimin dan muslimah (fardhu ‘ain) untuk membacanya dengan benar sesuai kaidah ilmu tajwid.

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

“… dan bacalah Al Qur’an itu dengan tartil.” (QS. Al Muzzammil: 4)

Beberapa Keutamaan Mempelajari Ilmu Tajwid dan Tahsin:

Ilmu Tajwid/Tahsin adalah ilmu yang paling utama dan paling mulia karena berkaitan langsung dengan kitab yang paling agung dan paling mulia, yaitu Al Qur’anul Karim.

Belajar tahsin dan mengajarkannya adalah amal yang terbaik. Dalam sebuah hadits Dari Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah untuk membaca dan mampelajari Al Qur’an kecuali turun atas mereka sakinah dan rahmat serta diliputi oleh malaikat serta Allah sebut di hadapan (malaikat) di sisi-Nya.” (HR. Muslim)

Belajar tahsin merupakan kesibukan yang sangat terpuji di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Bacalah Al Qur’an, sesungguhnya ia pada hari kiamat akan datang menolong pembacanya.” (HR. Muslim)

Subhanallah… Luar biasa bukan ketika kita dapat mempelajari dan membaca Al Qur’an dengan baik dan benar???

Ayooo…! Semangat membaca Al Qur’an.. Semangat belajar Al Qur’an.. Karena Al Qur’an adalah pedomanku.. Karena Al Qur’an adalah surat cinta terindah dari kekasihku.. Allah Subhanahu wa Ta’ala…….

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Orang yang membaca Al Qur’an dan ia benar dalam membacanya, maka ia akan bersama para malaikat yang mulia. Dan orang yang membaca Al Qur’an dengan terbata-bata karena kesusahan, maka ia mendapatkan dua pahala.” (HR Muttafaqun ‘Alaih)

 

Diambil dari: OASE (Buletin S2Q Mata’) edisi Maret 2011, dengan perubahan seperlunya.

One response to this post.

  1. thank’s
    infonya,..

    aku akan memperdalam membaca AL-Qur’annya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: