Memelihara Ketaqwaan dan Ibadah

“Dari Abu Umamah Shuda bin Ajlan Al Bahly ra. berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Bertaqwalah kalian semua kepada Allah, laksanakanlah sholat lima waktu, berpuasalah di bulan ramadhan, tunaikanlah zakat dari hartamu, dan taatlah kepada pemimpinmu, maka kamu akan masuk surga yang diberikan Tuhanmu” (H.R. At Turmudzi)

Hadits yang disampaikan Turmudzi di atas merupakan bagian dari khutbah Rasulullah saw yang disampaikan pada saat melaksanakan haji wada’, yaitu haji terakhir yang dilakukan Nabi sebelum beliau wafat. Melalui khutbahnya, beliau mengajak umat Islam untuk membuktikan ketaqwaan kepada Allah dengan melaksanakan 4 hal. Bila 4 hal tersebut dilaksanakan dengan baik maka akan masuk surga. Empat hal tersebut adalah :

1. Mengerjakan Sholat 5 waktu

Sholat memiliki kedudukan pokok dan penting dalam agama Islam. Sholat merupakan tali penghubung antara makhluk dan Khaliknya, Allah swt. Seseorang yang menegakkan sholat dengan baik maka dalam dirinya tumbuh kemampuan untuk melakukan amal shaleh dan keberanian untuk mencegah kemungkaran. Perintah sholat diterima langsung oleh Rasulullah pada saat Isra’ Mi’raj. Selain itu, sholat akan menempati kedudukan pertama yang akan dihisab pada hari kiamat sebagaimana sabda beliau : “Yang mula pertama akan dihisab (ditanyakan) kepada seorang hamba pada hari kiamat ialah masalah sholat. Apabila sholatnya baik, niscaya dinilai baiklah segala amalan lainnya. Jika sholatnya rusak, maka dipandang buruklah semua amalannya. ” (H.R. Thabrani) 

2. Mengerjakan puasa Ramadhan

Puasa adalah latihan pengendalian diri untuk sampai pada derajat ketaqwaan kepada Allah swt. Dengan puasa, jiwa dan kepribadian kita akan terbina sehingga terbentuk pribadi yang berakhlaq mulia, sabar, dan tabah dalam melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah swt. Puasa yang diperintahkan dalam Q.S Al-Baqarah 183 tidak hanya menahan makan dan minum tetapi juga menjaga hawa nafsu dan perbuatan-perbuatan keji. Dalam hadits riwayat Abu Hurairah ra Rasulullah saw bersabda : “Barang siapa di dalam puasa tidak dapat meninggalkan perkataan dusta dan perbuatan yang mengikutinya, maka Allah tidak berkeperluan dengan puasa yang dilakukannya, dari makan dan minumnya.” (H.R Bukhari dan Abu Dawud)

3. Menunaikan Zakat

Zakat adalah salah satu ajaran Islam yang berkaitan dengan kepedulian sosial. Umat Islam yang satu dengan yang lainnya adalah saudara, digambarkan oleh Rasulullah saw sebagai bagunan yang saling menguatkan. Bagi umat Islam yang mempunyai kelebihan harta ada hak orang lain yang harus dikeluarkan. Zakat berfungsi sebagai pembersih dan pensuci jiwa, artinya zakat dapat membersihkan harta yang dimiliki sehingga halal dan mensucikan diri dari sifat bakhil dan tamak. Dalam Al Qur’an, perintah sholat dan zakat selalu beriringan satu sama lain karena keduanya tidak bisa dipisahkan antara hubungan diri kita dengan Allah (hablumminallah) dan hubungan diri kita dengan sesama manusia (hablumminannas).

4. Taat kepada Pemimpin

Memilih pemimpin dan taat kepadanya adalah kewajiban agama yang tidak boleh diabaikan. Perintah taat kepada pemimpin merupakan rangkaian ketaatan kepada Allah dan Rasulullah, Allah swt berfirman dalam Q.S An-Nisa’ 59 : “Wahai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad saw), dan penguasa (ulil amri) darimu… “. Yang dimaksud ulil amri adalah pemimpin yang mengurus masalah keduniaan. Selama pemimpin itu benar, tidak mengajak berbuat maksiat kepada Allah swt maka umat Islam wajib mentaatinya.

Jadi kesimpulan dari hadits di atas adalah bahwa taqwa sebagai perwujudan dari iman harus dibuktikan dengan melaksanakan 4 hal di atas dengan baik. Bismillah, semangat memelihara ketaqwaan dan ibadah kita sob \(^o^)/.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: