TI-isasi MaTa’

Selepas menjalani hari-hari puncak dalam karier seorang mahasiswa Teknik Industri (TI) ITB dan pengurus organisasi di tingkat 3, semakin jelas gambaran tentang sebuah ide revolusioner ini. Sayang, ini masih sebatas ide. Dan benar, ide menjadi nol tanpa aksi nyata, belum berarti apa-apa.

TI-isasi MaTa’ sekilas mungkin seperti gerakan agar MaTa’ diisi oleh kader dari Prodi TI. Meskipun penting untuk keberjalan da’wah di TI, agar kader TI mendapat bi’ah yang baik, tapi bukan itu maksudnya. Setelah menjadi pengurus MaTa’ selama dua tahun dan mendapatkan berbagai materi keorganisasian di TI, saya begitu ingin mengaplikasikannya di MaTa’. Ini tentang desain MaTa’ berdasarkan prinsip-prinsip keorganisasian dan tools pada keilmuan TI. Benar memang, yang terpenting dari sebuah organisasi seperti MaTa’ ini adalah ruhiyah dari para kadernya. Ide ini mungkin tidak begitu krusial, hanya berharap bisa menunjang untuk menjadikan MaTa’ lebih terorganisasi dan semakin profesional.

Isu yang mendorong ide ini adalah positioning MaTa’. Peranan yang dituntut dari MaTa’ akan sangat berpengaruh pada proses di internal organisasi. Terkait isu ini saya sempat memiliki sederet pertanyaan panjang. Pasalnya hanya karena saya bingung dengan peranan yang diharapkan dari divisi saya saat itu (Internal). Dulu di Divisi Internal ini ada program yang berorientasi pembinaan untuk pengurus maupun AM tingkat kedua. Tapi, fungsi ini menjadi kurang relevan mengingat adanya sarana pembinaan lain yang sudah stabil dan lebih terorganisasi. Akhirnya saya berkesimpulan, MaTa’ ini peranan utamanya adalah pembinaan untuk AM tingkat 1. Yang menjadi aneh untuk saya saat itu, mengapa untuk mengelola suatu program yang dikelola oleh satu divisi (Pembinaan Anggota) harus dibuat suatu organisasi khusus?. Ternyata memang dari tahun ke tahun terdapat berbagai perubahan dan penyesuaian. Pandangan saya diluruskan, ternyata MaTa’ ini memiliki dua tema yang melekat padanya, yaitu Pembinaan Pekanan (untuk AM) dan Tahsin (sebagai sarana Syiar Qur’an). Sejujurnya saya belum puas, oleh karena itulah ingin sekali menganalisis MaTa’ dengan pendekatan teori organisasi agar kerja dan fungsi MaTa’ lebih efektif dan efisien.

Meskipun masih mentah, saya coba membayangkan bagaimana tahapannya. Pertama, redefinisi fungsi dan peranan MaTa’. Hal ini sudah dilakukan ternyata oleh MPOPS XVII melalui serangkaian mekanisme KIR (Kaderisasi, Inisiasi, dan Revitalisasi). Namun, hal ini dikhawatirkan akan memerlukan sejumlah penyesuaian mengingat situasi Da’wah Kampus yang dinamis. Selanjutnya setelah tergambar fungsi dan peranannya tersebut, perlu disusun analisis dengan pendekatan proses. Mahasiswa TI diperkenalkan IDEF0 sebagai tools yang dapat mengakomodasi analisis tersebut. Dari analisis ini kemudian didapatkan fungsi-fungsi per divisi yang diperlukan untuk mendukung fungsi dan peranan MaTa’ juga job desc dari divisi tersebut. Sehingga setiap divisi memiliki dasar yang jelas atas setiap program kerja yang direncanakan dan dilakukan. Kemudian, dapat pula dilakukan analisis dimensi struktural dan kontekstual organisasi. Analisis ini dapat membantu MaTa’ untuk menentukan strategi yang tepat untuk beradaptasi dengan kondisi yang ada di sekitar MaTa’. Hingga pada akhirnya dapat diketahui struktur organisasi dan SOP yang relevan untuk menjalankan fungsi MaTa’. Terakhir, disusun pula sistem manajemen kinerja untuk mengawal pencapaian kinerja MaTa’.

Ini ide yang masih sangat mentah dan hanya didukung oleh pemahaman tentang organisasi yang sepotong-sepotong. Tapi semoga bisa menjadi awal untuk baiknya manajemen organisasi di MaTa’. Meskipun memang ruhiyah dan komitmen pengurus tetap menjadi kuncinya.

 

-Hasnah Sakinah, MPOPS XVIII-

2 responses to this post.

  1. wah, berarti udah mau regenerasi lagi ya?
    mungkin perlu ngadain workshop biar beneran ngapgred skill keorganisasian pengurus2 Mata, hasnah.
    Allahua ‘alam.

  2. Posted by Admin on March 30, 2012 at 1:20 am

    Alhamdulillah Tim Pokja telah terbentuk. Insya Allah mulai pekan ini ada workshop manajemen organisasi untuk Tim Pokja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: